PERANAN SISTEM INFORMASI DAN PERENCANAAN SISTEM INFORMASI DALAM ORGANISASI: SUATU STUDI EMPIRIS

Pada dekade terakhir revolusi informasi telah mengubah cara organisasi-organisasi melakukan bisnis.  Manajemen dan akademisi memandang sistem informasi (SI) dari peran pendukung ke peran stratejik.  Penelitian dalam bidang SI menunjukkan bahwa organisasi mempunyai peranan yang berbeda-beda untuk SI dalam operasinya dan bahwa berbagai aspek perencanaan stratejik SI akan sangat bergantung pada peranan SI.  Penelitian ini secara empiris mengevaluasi perbedaan karakteristik dalam perencanaan, dukungan organisasional, dan kinerja dari perencanaan SI antara organisasi dengan peranan yang berbeda-beda untuk SI.  Operasionalisasi “peranan SI” didasarkan pada rerangka “strategic grid”.  Data penelitian ini dikumpulkan dengan mail surveydari 82 perusahaan.  Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa variabel kualitas proses perencanaan dari karakteristik perencanaan, variabel integrasi bisnis – SI, kualitas mekanisme pendukung, dan keterlibatan manajemen puncak dari karakteristik organisasional, dan tiga variabel dari karakteristik kinerja secara signifikan berbeda di antara organisasi yang mempunyai peranan SI yang berbeda-beda. 

Kata kunci:  peranan SI, perencanaan SI, strategic grid.

Download Artikel dan Kuesioner

About gracetpontoh
Dosen di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makassar.

12 Responses to PERANAN SISTEM INFORMASI DAN PERENCANAAN SISTEM INFORMASI DALAM ORGANISASI: SUATU STUDI EMPIRIS

  1. Wonderful article & research…

  2. gracetpontoh says:

    Thanks pa Budi… Sebagai tambahan informasi, artikel ini telah dipublish di “KELOLA” Gadjah Mada University Business Review No. 20/VIII/1999 bersama-sama dengan pembimbing saya Bpk Nur Indriantoro alm.

  3. Nancy says:

    Dear bu Grace,

    Maaf saya baru kasih comment skrg
    ini karena keterbatasan saya yang tidak selalu berhadapan dengan internet
    semoga keterlambatan saya ini bisa dimaklumi

    Info ibu tentang mata kuliah yang ibu asuh selalu up to date
    jadi mahasiswa ibu juga bisa selalu memiliki informasi yang up to date

    so nice

  4. gracetpontoh says:

    Makasih atas komentarmu Nancy.

  5. tom says:

    yup, artikel ibu bagus banget…
    saya rasa juga begitu bu, penerapan sistem informasi sangat berperanan penting, pada setiap fungsi perusahaan, baik keuangan, pemasaran, human resource, dan juga manufaktur dan operasional.
    sehingga dengan adanya oenerapan sistem informasi tersebut, akan memudahkan pihak manajemen dalam pengambilan keputusan karena dari sistem informasi tersebut dapat menghasilkan informasi2 pendukung pembuat keputusan…
    btw,thx ya bu, atas bimbingannya selama ini.

  6. gracetpontoh says:

    Maaf terlambat diapprove, saya baru dapat password baru dari wordpress. Makasih kembali Tom

  7. vidya says:

    Dear Bu Grace…

    Sblumnya perkenalkan nama saya Vidiya, sekarang sedang melakukan pengembangan penelitian tentang peranan dan perencanaan sistem informasi, saya tertarik sekali dengan artikel Bu Grace…dan terima kasih bu, karena setelah membacanya saya mendapat informasi, masukan dan pencerahan tentang penelitian tersebut, dan untuk keperluan pengembangan research saya mohon bantuan Bu grace untuk mengirimkan form kuisioner artikel tersebut ke email saya…
    Atas segala bantuan dan perhatian ibu, saya ucapkan banyak terima kasih….

    email : vidiya_rinancy04@yahoo.com

  8. gracetpontoh says:

    Dear Vidya,

    Kuesioner telah ibu kirimkan ke e-mail atau boleh juga di down load pada artikel di atas. Semoga bermanfaat.

  9. Terima kasih banyak bu Grace atas kuisonernya…….

  10. sarif says:

    Artikelnya sangat berbobot. Yuk lihat situs saya tentang sistem komputer akuntansi berbasis Excel atau gampanya program akuntansi excel, mungkin bisa bermanfaat.

  11. aprizar says:

    terima kasih bu.. artikel ibu membantu saya..salam knal…klo boleh saya minta..artikel sistem pengambilan keputusan dalam suatu organisasi sbagai referensi skripsi saya…

  12. susanto says:

    Artikel yang bagus bu.

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

