Perkuliahan

Peran Akuntan Dalam Sistem Informasi Akuntansi. 

Dimanakah seorang akuntan dapat bekerja? Akuntan sebagai salah satu profesi dapat bekerja di suatu perusahaan swasta maupun di pemerintahan atau mendirikan suatu perusahaan.  Jika akuntan mendirikan perusahaan, akuntan tersebut disebut akuntan publik (public accountant) yang pekerjaannya adalah mengaudit laporan keuangan perusahaan sebagai pihak yang independen dan hasilnya berupa pendapat atas laporan keuangan tersebut.  Jika bekerja di dalam perusahaan swasta/pemerintahan, akuntan tersebut disebut akuntan pribadi (private accountant).   

Pekerjaan/tugas/fungsi yang dapat dilakukan oleh seorang akuntan di dalam suatu perusahaan adalah sebagai: 

  • Controller

  • Treasurer (bendaharawan)

  • Tax specialist (spesialis pajak)

  • Financial Analyst (analis keuangan)

  • Cost accountant (akuntan biaya)

  • General accountant (akuntan umum)

  • Information systems (sistem informasi)

  • Budgeting specialist (spesialis anggaran)

  • Internal auditor (pemeriksa internal)

 

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah subsistem dari sistem informasi yang bertujuan untuk mengumpulkan, memproses, dan melaporkan informasi keuangan dari kejadian bisnis (Gelinas et. al., 2004, p.15).  Informasi ini dikomunikasikan kepada berbagai pihak pengambil keputusan.   

Apakah peran yang dimainkan seorang akuntan dalam SIA?  Tiga peran akuntan dalam SIA adalah sebagai user, designer, dan auditor.  Sebagai user atau pemakai sistem,  akuntan harus bisa memastikan bahwa sistem baru berisi ciri-ciri (features) yang dibutuhkan dalam menjalankan pekerjaan/tugas/fungsinya dalam organisasi.  Dengan kata lain, para akuntan harus memberikan gambaran yang jelas tentang kebutuhan mereka kepada para profesional/spesialis sistem yang merancang sistem mereka.  Karena itu, akuntan sebagai pemakai sistem harus mengetahui bagaimana sistem dikembangkan, teknik-teknik yang digunakan dalam pengembangan sistem, dan teknologi yang akan digunakan dalam sistem yang baru. 

Salah satu faktor keberhasilan/kesuksesan dalam perancangan suatu sistem informasi adalah dengan melibatkan pemakai sistem tersebut.  Akuntan sebagai pemakai sistem informasi akuntansi harus dilibatkan dalam perancangan sistem karena akuntan mempunyai pengetahuan mengenai prinsip-prinsip akuntansi, prinsip-prinsip pengauditan, teknik-teknik sistem informasi, dan metode pengembangan sistem.  Perancangan sistem merupakan upaya kolaborasi antara akuntan dengan profesional/spesialis  sistem.  Akuntan bertanggung jawab untuk sistem konseptualnya sedangkan profesional/spesialis sistem bertanggung jawab untuk sistem fisiknya. Sebagai contoh: manajer departemen kredit akan membutuhkan informasi mengenai kredit para pelanggan untuk mendukung keputusan yang akan dibuatnya.  Akuntan menentukan hakikat informasi yang diperlukan, sumber-sumbernya, tujuannya, dan peraturan akuntansi yang perlu diterapkan.  Profesional/spesialis sistem menentukan teknologi yang paling ekonomis dan efektif untuk mendapatkan, memproses dan menghasilkan informasi tersebut. 

Informasi dari laporan yang dihasilkan SIA harus sesuai dengan kualitas suatu informasi. Salah satunya adalah keandalan data SIA yang akan menghasilkan laporan keuangan tersebut.  Baik auditor internal maupun auditor eksternal/public accountant melakukan pengauditan SIA untuk menyediakan kepastian (assurance) mengenai informasi yang terkandung pada laporan keuangan tersebut.  Akuntan sebagai auditor perlu mengetes sistem kontrolnya, menilai efisensi dan efektifitas sistem, dan berpartisipasi dalam proses pengembangan sistem. Agar lebih efektif melakukan pekerjaannya, auditor harus memiliki pengetahuan teknik pengembangan sistem, pengendalian, teknologi yang digunakan, dan perancangan dan pengoperasian SIA.

27 Responses to Perkuliahan

  1. anton says:

    Misi Pak..
    Saya mau tanya, bagaimana dengan prosedur, peranan dan kapan prosedur itu “stand alone” dalam sebuah sistem. Adakah kriteria prosedur yang baik?

    terima kasih

  2. anton says:

    Maaf
    Koreksi, Misi Pak dan Ibu

    Semoga Ibu bisa memberi sedikit penerangan kepada saya.
    Dan ada diantara Bapaka, kawan-kawan, dan Ibu yang bisa kasih saya masukan.

    Terima kasih

  3. gracetpontoh says:

    Anton, jawaban ibu atas pertanyaan yang kamu ajukan sebagai berikut.

    Sistem adalah rangkaian komponen-komponen (dua atau lebih) yang saling berhubungan dan berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Misalnya, sebuah yoyo adalah suatu sistem. Yoyo yang merupakan suatu sistem terdiri dari kayu yang berbentuk lingkaran dan benang yang diikatkan pada kayu tersebut; tanpa benang, yoyo tersebut bukan suatu sistem.

    Prosedur adalah urut-urutan pekerjaan/kegiatan. Prosedur merupakan bagian dari sistem. Misalnya prosedur memainkan yoyo adalah:
    1. Masukkan pengait yoyo ke jari.
    2. Gulung benang yoyo.
    3. Jatuhkan jojo …. Dstnya.
    Prosedur yang baik tentunya yang bisa mendukung ke sistemnya.

    Jadi, sistem dan prosedur saling berhubungan, tidak bisa “stand alone”.

    Semoga jawaban ini bermanfaat.

  4. Andry says:

    Wah ternyata Bu Grace punya blog juga. G kebetulan ketemu pas mau cari artikel. Semoga S3 Ibu cepat selesai dan dapat kembali lagi ke UNHAS untuk mengabdi. Sukses ya Bu!!Sampai jumpa

  5. agneskurniawan says:

    Bu, coba liat http://www.lielien.blogspot.com/ dan http://www.icode.com.. mungkin bisa memberi info dan masukan yg berguna mengenai ERP..

  6. agneskurniawan says:

    dari tadi saya post comment ini, tapi kayaknya kok ga masuk2. saya cuman mau bilang, mungkin Ibu bisa coba liat http://www.lielien.blogspot.com/
    http://www.icode.com
    mungkin bisa memberikan info dan masukan mengenai ERP
    Good Luck

  7. ratna says:

    bu, sama sangat setuju dengan tulisan ibu, tentang peranan akuntan dalam sia. Pikiran saya baru terbuka, walau dengan adanya kecanggihan teknologi yang semakin berkembang, manusia akan lebih terbantu dalam menyelesaikan semua aktivitasnya, namun semua teknologi dan sistem pada intinya adalah manusianya itu sendiri, tentang bagaimana manusia merancang suatu sistem yang mempermudahkan mereka dan bagaimana manusia menggunakan sistem tersebut untk memperoleh informasi sebagai dasar pendukung keputusan (dss).

  8. agneskurniawan says:

    selamat pagi Ibu Grace. saya mohon bantuannya.. business process redesign (bpr) dikatakan Hammer sebagai suatu pendekatan yg bersifat fundamental,radikal,dramatis. saya agak bingung dgn ungkapan ini? apakah BPR itu artinya mengubah sistem informasi secara “extreme”? kalo misalnya UKM yg awalnya serba manual, tiba2 skarang berani menerapkan aplikasi ERP menggunakan SAP Business One yg costnya 750jt bisa dikatakan telah melakukan proses BPR? Thx

  9. gracetpontoh says:

    Agnes, commentmu tidak bisa masuk karena dideteksi sebagai spam. Btw, thanks info ERP mu, sangat bermanfaat. Kalau ada lagi, jangan bosan menginfokan yaa….

    Ya, BPR mengubah sistem secara “extreme”. Dimaksud extreme di sini karena proses bisnis yang ada sekarang aktivitasnya dirancang ulang baik proses pisiknya atau proses konseptualnya sehingga mengalami perubahan secara drastis (lihat McLeod fig 7.10). Pemisalan yang kamu kemukakan boleh dikatakan telah melakukan BPR jika memang proses bisnis UKM tersebut berubah secara drastis. Dari sistem manual ke sistem ERP ini bisa dikatakan melakukan BPR karena membawa perubahan yang besar dalam UKM. Atau dari sistem yang tidak berbasis web ke sistem yang berbasis web, ini juga bisa dikatakan melakukan BPR. Jadi, biar kosnya mahal tapi kalau tidak membawa perubahan secara drastis itu bukan BPR artinya bukan biaya yang menjadi acuan tapi dampak dari aplikasi ERP tersebut.

  10. Hary Ashar says:

    Bu Grace !
    bolehkah saya sedikit mendaptkan penjelasan tentang bagaimana suatu sistem informasi akuntansi, disamping sistem informasi manajemen, bekerja untuk mendukung organisasi mengefektifkan dan mengefisiensikan kinerjanya. Terima kasih atas kesediaan tanggapannya.
    Tertanda,
    Hary Ashar

  11. agus purnomo says:

    Bu grace ! bagaimana carax untuk menjadi akuntan yang dicari orang atau akuntan yang sukses.

  12. sofie says:

    mengapa seorang akuntan itu banyak yang botak

  13. gracetpontoh says:

    Hary Ashar, penjelasan SIA tidak dapat dijelaskan di sini secara panjang lebar karena SIA dipelajari selama satu semester. Pada prinsipnya SIA menyediakan informasi bagi organisasi agar dapat beroperasi secara lebih efisien dan efektif sehingga dapat meningkatkan kinerjanya. Efisien berarti menggunakan seluruh sumber daya organisasi secara optimal dan efektif berarti informasi dapat disajikan secara tepat waktu, relevan dan akurat.

    Agus Purnomo, apakah Anda seorang akuntan? Menurut saya untuk menjadi akuntan yang dicari orang, patuhilah kode etik akuntan sehingga laporan keuangan yang Anda hasilkan menggambarkan integritas dari seorang akuntan.

    Sofie, apa betul banyak akuntan yang botak? Di tempatku cuma sedikit yang botak, itu pun mungkin karena keturunan. Akuntan emang sering digambarkan dengan penampilan kepala botak seperti di film-film karena pekerjaannya yang berhubungan dengan angka2 dan selisih Rp 5 pun harus dicari he..he..

  14. Helindawati says:

    Selamat malam
    saya mau tau,mengapa hubungan antara sistem informasi akuntansi dan sistem informasi manajemen dalam hal pembuatan keputusan sangat erat??

  15. Helindawati says:

    Linda asked to you Mrs.Grace…

    What the effects of TI and Globalization towards Accountan???

    sorry….. One more Question…..

    Hmm,what’s your answer if someone asked “why you want to Learn Accounting”…???

    THat’s ALL…….ThaNk You Ma’am…..

  16. beni b says:

    bu saya mw tannya.apa pengertian SIA sebagai integrasi dari pengolahan transaksi

  17. Ayu says:

    Ibu yang terhormat,

    Perkenankanlah saya mohon bantuan dari Ibu penjelasan tentang hubungan antara Akuntansi, Sistem Akuntansi, Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Manajemen dan Sistem Informasi Stratejik.

    Terima kasih
    Tuhan Memberkati.

  18. fatta says:

    selamat malam bu.
    saya ingin bertanya sapa2 aja yg jd pemakai sistem informasi.
    thanx atas jawaban ibu.

  19. filya says:

    buuuuuuu… saya filya, saya mau tanya……
    saya bukan anak ekonomi tapi dapet tugas tentang SIA
    bu…
    hehehe
    lap penerimaan kas ma lap kas kecil tuh kyk gmn sie???
    balas ke email saya ya bu….
    makasie…..
    (kalo bisa…kalo ibu ga sibuk… jawab yang jelaaaaassss ya buuu… makasi)

  20. haryo says:

    saya haryo,
    saya sedang membuat skripsi…
    sya ingin menganbil ttg SIA
    sebenarnya saya lebih tertarik pada ekonomi kreatif…
    tolong beri saran bu
    (balas ke email)

  21. irma says:

    selamat sore bu,
    saya ada pertanyaan. sebenarnya sistem informasi akuntansi menghasilkan informasi apa? dan tolong jelaskan?
    trima kasih,

  22. iche says:

    malam Bu,
    sy mau tanya apa penertian lapping dalam sistem informasi akuntansi….? makasih

  23. Jejen Jaelani says:

    maaf Bu ganggu………
    Saya bukan mahasiswa Ibu,tp saya tertarik dengan materi Ibu.Saya mau tanya Bu Syarat2 apa yang harus di punyai seseorang agar bisa menjadi akuntan profesional………lz y BU ke Email saya.

  24. Nurma says:

    bu, saya bukan mahasiswi ibu, saya ingin menjadi seorang akuntan,,,apa saja yang harus dikuasai oleh akuntan,,,,????

  25. marsha says:

    bu grace,,, sy mau tanya apa hubungan SIA dengan SIM??
    thanks b4..

    • gracetpontoh says:

      Marsha, hubungan SIA dengan SIM secara garis besar adalah SIA menyediakan informasi keuangan sedangkan SIM menyediakan informasi baik informasi kuantitatif maupun informasi kualitatif. Sebagai contoh yang berhubungan dengan karyawan, SIA menyediakan biaya gaji karyawan sedangkan SIM menyediakan informasi mengenai jumlah karyawan yang cuti, sakit, dll. dan juga kinerja karyawan. Semoga pertanyaan Marsha terjawab.

  26. Magda says:

    Maap bu gangggu, saya mau tanya apa hubungan SI dengan SIA?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: